Senin, 25 Agustus 2014

Pengalaman Ber-SBMPTN Chapter 4

Assalamu'alaikum wr.wb

Oke langsung gue lanjut aja ya, ceritanya sekarang waktu UN udah makin dekat nih. Pemantapan di sekolah yang dari jam 6 itu (uh kangen berat) udah rutin dijalanin. Ya seperti anak kelas 12 pada umumnya, pada masa kritis ini udah jadi masa hectic2nya dengan yang namanya belajar. Karena sebelum UN, kelas 12 ini akan dihadapkan dengan TO, UAS, Uprak dan lain - lain deh pokoknya. Bang Radin pun mulai melonggarkan 'tugas' ngerjain soal per hari nya tapi gue tetep aja ngerjain soal - soal SBMPTN ya jumlahnya sih gk seberapa hehe. Bahkan pernah waktu ngerjain tugas sekolah yang gue udah jenuh banget waktu itu ngerjainnya, malah gue pake waktu itu buat streaming zenius. Bagi yang mau ikutin siap2 mental aja, sama pilih2 guru juga tugas mana yang mau diabaikan hehe. Efeknya sih dari sikap gue ini beberapa nilai rapot di semester 6 ada yang turun bahkan ada yang drastis turunnya dan nilai di Ijazah pun ada yang beda banget sama temen2 sekelas, gue dapet 80-an yang lain dapet 90++. Tapi gue anggap itu semua konsekuensi dari setiap pilihan yang gue ambil :)

Menjelang UN gue emang lebih banyakin ngerjain soal UN ya gegara kemakan isu nilai UN jadi salah satu indikator kelulusan di SNMPTN. Tapi tetep gue ngintip ngintip dikit soal SBMPTN 1-5 soal per hari hehe. H-7 UN gue malah kena syndrom "Istirahat dulu", alih alih mendinginkan otak gue malah jadi males belajar dan alhasil bolos les seminggu itu. Di rumah pun main game, parah deh waktu itu kena banget godaan sama distraksi yang lain. Hari pelaksanaan UN pun tiba, gue mulai buka buka dikit catatan kecil dan mind map yang gue bikin sebelum gue masuk ruangan. Emang mungkin niat belajarnya gak bener hari pertama aja udah kelabakan sama soal bahasa indonesia dan biologi. Begitu seterusnya sampai hari terakhir UN, ya gue cuma bisa pasrah aja lah. Langsung aja gue lupain tuh masalah UN, kembali ke rutinitas sebagai jurig TST di GO.Gue emang gak mau ngebahas UN lagi, takut malah jadi galau entarnya hehe.

Di GO udah mulai program intensif SBMPTN, jadi selama satu bulan itu ngubek2 materi dan soal SBMPTN, setiap seminggu sekali pun diadain TO. 'Tugas' dari bang Radin pun makin mantep 50 soal per hari, ya karena emang udah gak ada lagi tuh tugas sekolah yang mengganggu wkwkwk. TO pertama gue di program intensif masih dapet 43%, nah loh kok malah turun padahal gue nulis pilihan pertama pedok UI wkwk. TO pertama ini gue duluan TO nya jadi waktu pengerjaannya gak full, dan waktu itu sore jadi udah gak fokus pikiran wkwk alesan. Oke gue belajar dari TO pertama gue, waktu itu gue ngerjain jumlah soalnya juga masih kisaran waktu TO yang dulu dulu jadi gue tekadkan dalam diri gue buat ngerjain lebih banyak di TO selanjutnya. Benar saja di TO kedua gue langsung melejit dengan menyabet PG 57% wkwk, tapi tetep aja belum dinyatakan lulus FTI yg punya PG 60%. Gue makin ngebuts aja ngerjain soal dan diskusi diskusi soal TO di GO, kadang 50 soal bang radin pun terlampaui hehe. Di TO selanjutnya ternyata soalnya dibikin lebih muter2 dibanding TO kedua, alhasil PG turun dikit jadi 55%.

Wah gak nyangka nih 3 minggu udah berlalu, hari pengumuman SNMPTN tinggal seminggu lagi gue malah jadi keingetan. Mulai tuh deh gagal fokus pas ngerjain soal, keterima gak ya SNMPTN gue, resah banget deh waktu itu mungkin kepengaruh juga sama yang ngarep banget di SNMPTN. Keresahan itu pun merembet ke PG TO gue yang turun lagi jadi 54% heu heu :(. Udah deh tuh makin galau aja, bang Radin pun sampai nasihatin gitu gegara gue gak ngerjain 'tugas' sampe 50 soal wkwk. Gue pun coba stalk lagi tweet2 teh riris siapa tau bisa nyetrum hehe.

*Jeng jeng* tanggal 27 Mei yang ditunggu pun tiba, selepas dzuhur akan ada pengumuman yang ditunggu2 anak2 SMA se-Indonesia ya pengumuman SNMPTN. Gue yang awalnya gak ngarep juga ketar ketir nunggunya apalagi yang emang ngarep banget dari awal. Daaaan gue pun melihat pengumuman SNMPTN di rumah bareng temen gue Ricky sama Wingga. Kalian pun tau apa hasilnya, ini diaaa...

Galau pun terjadi karena melihat teman - teman yang udah diterima, cuma bisa ngasih selamat saat ditanya di sms, fb, twitter sedih berat deh waktu itu. Waktu itu untung langsung dapet sms dari ayah "Ya mungkin bukan disana jalannya, ayah udah ikhlas kok menyekolahkan imy 3 tahun. Gagal SNMPTN bukan berarti perjuangan 3 tahun sia-sia" Lumayan nyetrum kalimat yang satu ini. Ya akan tetapi kegalauan tetap tak bisa dipungkiri, muka ketekuk selama 2 hari. Temen temen, guru-guru, keluarga pun silih berganti menyemangati. Gue pun coba mengingat - ingat 2 hari itu apa aja yang udah gue lakuin selama ini. Ya betul! Persiapan SBMPTN! Gue lupa paradigma kalau SNMPTN tu jalur bonus aja, jangan terlalu berharap. Gue pun coba menghibur diri dan membuka kembali lembaran perjuangan yang sempat terhenti, adik adik bimbingan kak Radin pun gak ada yang lolos SNMPTN dan memulai kembali ngerjain soal dengan target 150 soal perhari. Mantaaaapsss gila. Awal2nya sih gue gak sanggup, masih kisaran 75 soal per hari. Tapi pernah sih sampai 150 soal fisika waktu itu lagi sakau sakaunya wkwkwk. Karena gak sanggup gue nego ke bang Radin cuma ngerjain 100 soal aja per hari hehe.

Hasilnya langsung terlihat di TO ke 5 gue dapet PG 62%, waaah mantap akhirnya muncul kata lulus pilihan pertama di hasil TO wkwk. Kegirangan ini tidak berlarut lama-lama gue masih tetep kejar setoran. Gue pun jadi sering nginep di GO, ngegunain ruang Kacab nya buat belajar sampe larut malem, bahkan pernah sampe ketiduran di sana ya makin menggila aja dah pokoknya. Oh iya gue ngelakuin sampai kaya gitu bukan semata-mata ngejar nilai TO atau masuk FTI semata. Akan tetapi gue emang udah enjoy banget ngelakuin semua itu, gak ada tuh yang nyuruh sampe se-lebay gitu belajarnya. Nah niat ini penting untuk tetap dijaga, belajar untuk mendapat esensi ilmunya akan lebih enjoyable dibanding cuma buat ngejar achievement nilai semata. TO ke-6 gue dapet 64%, alhamdulillah naik lagi walaupun dikit.

SBMPTN kurang lebih tinggal 2 minggu lagi waktu itu, penasaran kan apa aja yang gue lakuin? Next chapter ya udah kepanjangan nih hehe :D

Wassalamu'alaikum wr.wb

Chapter 1: http://hilmyajp29.blogspot.com/2014/08/pengalaman-ber-sbmptn.html
Chapter 2: http://hilmyajp29.blogspot.com/2014/08/pengalaman-ber-sbmptn-chapter-2.html
Chapter 3: http://hilmyajp29.blogspot.com/2014/08/pengalaman-ber-sbmptn-chapter-3.html
Chapter 5: http://hilmyajp29.blogspot.com/2014/08/pengalaman-ber-sbmptn-chapter-5-final.html

4 komentar: