Minggu, 02 April 2017

Peran Pemuda Islam

·       Pepatah mengatakan :Pemuda adalah masa depan ummat, masa depan dunia dan kemanusiaan.
ü  Kenapa harus dari tangan pemuda masa depan umat ditentukan? Karena hanya merekalah yang akan menghadapi langsung realitas keseharian masa depan. Mereka yang akan meramaikan pentas ”sandiwara dunia” ini dengan peran penting yang dimainkannya.
ü  Sebab pemuda adalah produk generasi yang serba ingin tahu, ingin menunjukkan kebolehan dan kemampuannya dalam meraihcita-cita, meraih ‘izzah (kemuliaan) dunia dan akhirat, memiliki semangat dan kemampuan untuk belajar sekaligus mudah menyerap nilai-nilai kebaikan atau bahkan mudah terpengaruh dengan kejahatan (kemaksiatan).

·       DefinisiPemuda :
ü  Fase pemuda adalah fase dimana jiwanya bersatu lewat unsur-unsur kemanusian, menonjol dengan semangat hidupnya yang berkobar, semangat untuk mempelajari segalas esuatu (serba ingin tahu) serta dalam mengemban tugas dan kewajibannya (tanggung jawabnya).

·       Pemuda dalam Pandangan Islam :
ü  Menurut Islam, pemuda dapat member dan mendatangkan kebaikan sepanjang diarahkan ke arah yang baik.
ü  Pemuda adalah penunjang kemakmuran alam raya, sebagai khalifah di atas bumi ini.

·       Karakteristik Pemuda Dambaan Umat :
1.     Aqidah yang bersih
ü  Pemuda yang memiliki aqidah yang bersih adalah pemuda yang selalu mengarahkan segenap dayanya pada satu fokus, Allah SWT. Tegasnya, dengan aqidah dan iman yang mantap kehidupan yang kita jalani menjadi terarah. Hadist : “Akmalulmu’miniinaiimaananihsanuhumkhuluqan”artinyaMu’min yang sempurnaimannya, bagusakhlaknya.
2.     Akhlak yang karimah
ü  Kesempurnaan akhlak seorang pemuda berarti pelaksanaan ajaran-ajaran Islam secara menyeluruh. Setiap pemuda menekankan prinsip “mengambil yang utama dan mencampakkan yang buruk” dalam setiap aktivitas yang dilakukan sesuai dengan kaidah-kaidah ilahiyah
3.     Memiliki daya intelektual
ü  Pemuda Islam diharapkan memiliki ilmu dan wawasan yang luas, baik yang menyangkut ilmu tentang masalah-masalah keagamaan maupun ilmu pengetahuan lainnya yang terkait dengan kehidupan di dunia ini.
4.     Tubuh yang kuat
ü  Ketangkasan, kesegaran, dan ketahanan tubuh menjadi mutlak dimiliki. Hanya dengan itu mereka mampu menyelesaikan amanat.

·       Peran Pemuda Islam
ü  Para pemuda di zamanRasulullah SAW, menjalankan peran yang amat penting dalam penyebaran risalah Islam yang kemudian disebarluaskan kepada orang lain, diaplikasikan secara kongkret dan menjaga segenap amanat Rasulullah, karena mereka benar-benar memahami seluk beluk ajaran Islam (Syamil).
ü  Para pemuda Islam di abad modern ini adalah penerus mereka, yang harus selalu memperbaiki diri dan mengenal eksistensinya dalam rangka mengemban amanat Allah dan Rasul-Nya.
-        Sebagai peran pengganti.
-        Sebagai peran penerus
-        Sebagai peran pengisi.

·       Problematika Pemuda Islam dan Penyebabnya :
ü  Arus besar musuh Islam
ü  Penyelewengan dan penyimpangan pemikiran, opini berikut analisisnya, serta berbagai pengetahuan yang jauh dari nilai-nilai Islami.
ü  Meluasnya kebodohan

·       Solusi
a.      Memperkokoh keimanan atau aqidah kepada Allah swt.
ü  Tadabbur Al Qur’an. (Al Anfal : 2)
ü  Tafakkur. (Al imran : 190 – 191 )
ü  Meneladani sirah
ü  Mengusahakan adanya sahabat dan lingkungan yang baik.
“Seseorang itu mengikuti agama kawannya, karena itu perhatikanlah kepada siapa orang itu berkawan”.(HR. Abu Daud)
ü  Menghindari segala bentuk kemunkaran dan kemaksiatan.
ü  Melaksanakan peribadatan
ü  Dzikrul maut.
b.     Menanamkan perasaan dekat kepada Allah swt. (muroqobatullah) (57 :4, 58 : 7)
c.      Mewujudkan lingkungan yang islami. (tontonan, lingkungan pergaulan)
d.     Menumbuhkan tanggung jawab mengemban amanah da’wah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar