Senin, 27 Juli 2015

Great Habits for PTN Hunter

Serem banget ya judulnya sengaja deh biar gampang di search google haha. Kali ini saya pengen share nih tentang pola pola kebiasaan anak anak yang "biasanya" lolos di PTN impian masing masing. Tulisan ini berdasarkan pengamatan pribadi aja ya jadi jangan ada yang mention di twitter saya minta data anu ini haha.

1. Visi atau Rencana yang jelas di jauh jauh hari

Nah Great Habits yang pertama dan sering saya temukan yakni anak anak yang "biasanya" lolos ini udah punya tujuan yang jelas mau kemananya setelat telatnya waktu pertama masuk kelas XII. Tujuan ini bisa jurusan, univ, or both of them. Sampai sampai tujuan ini sering jadi status alay mereka seperti "sekarang pake sarung gajah besok pake jamal gajah aamiin" atau "sebelum janur kuning melengkung saya harus milik jaket kuning" dan lain sebagainya. Dengan adanya rencana yang jelas diawal ini bisa dipastikan mereka mereka sudah punya titik start untuk berjuang. Karena kebanyakan yang saya lihat adik adik emesh ini baru tau tujuannya kemana ketika sudah ramai pendaftaran snmptn. Itu telat serius jangan diulangi ya. 

2. SKSD sama senior di kampus impian

Sudah punya tujuan terus adik adik yang "biasanya" lolos ini mulai gencar di medsos deketin senior senior kampus, temen seperjuangan atau orang lewat kaya yang nulis blog ini. Intinya sih mereka udah kebelet ngampus jadi rasa penasaran akan suasana kampusnya tinggi jadi deh serakah informasi sebanyak banyaknya. Nah yang ini nih kadang yang sering kelewat batas. Maksudnya nanya gimana kuliah di sana malah keceplosan "berapa ipk kak?" "Kapan lulus kak?" Nikahnya habis lulus apa pas mahasiswa kak?" Ditahan tahan ya dik kalau hampir keceplosan tanya itu ke mahasiswa haha. 

3. Makin deket sama Sang Pemilik PTN 

Fenomena ini lumrah terjadi bagi kelas XII. Ya mungkin karena fitrah manusia yang kalau ada maunya seketika jadi baik. Tapi semoga dengan adanya momen harapan masuk PTN ini jadi batu loncatan sendiri buat hijrah menjadi sosok yang lebih baik *ceilah.

4. Menciptakan Lingkungan yang Optimis dan Kondusif

Kata menciptakan disini perlu digarisbawahi ya, karena saya sering dapat keluhan kalau lingkungan doi doi yang nanya ke saya itu tidak mendukung pencapaian targetnya. Jadi untuk solusi hal hal yang semacam itu ya mau gak mau dari diri sendiri harus menciptakan suasana mendukung itu. Bisa mungkin buat kelompok kelompok kecil yang saling mendukung mengejar PTN ataupun dekor dah tuh kamar kamar penuh coret coret impian hehe.

5. Buru buru daftar bimbel atas kemauan sendiri

Nah kalau di sini yang perlu digarisbawahi adalah kemauan sendirinya. Berdasarkan hemat pribadi dan denger denger dari cerita masih banyak nih mereka mereka yang daftar bimbel atas kemauan orang tua atau cuma ikut ikut temen. Bukan berarti saya nyuruh temen temen bimbel ya, kalau memang keadaan finansial tidak mendukung jangan dipaksakan. Sekarang ada voucher belajar online macem zenius.net yang murah kok dibanding bimbel. Mulai dari kemauan sendiri itu penting baik dalam menentukan jurusan, universitas, ataupun cita cita setelah lulus nanti. Jangansampai ada penyesalan di akhir.

6. Mengasah terus kemampuan tak peduli seburuk apapun modal yang dimiliki

Sering saya dengar keluhan keluhan yang terlalu menyalahkan masa lalu. "Iya da aku mah rengking bontot kayaknya bisa kuliah aja udah syukur" -_-. Pelis atuh bangun ya, seharusnya yang kaya gini bagus mereka udah tau modal awal mereka segimana bukan untuk dikeluhkan. Kalau sudah tau modal awal pas pasan seharusnya usahanya lebih dari mereka yang genius per sempre.

7. Biasanya Jomblo

Nah kalau ini bukan habits mutlak ya haha. Tapi biasanya saking militan dan komitmennya berjuang ada aja yang break dulu istilahnya mah ceunah. Atau kalaupun ada hubungan biasanya keduanya saling mendukung buat berjuang wujudkan impian masing masing. Tapi saran saya setaun ini mending jomblo dulu dah syukur syukur sampai akad nanti *uhuk. Walau kata marsmellow "ini cuma cinta bukan matematika" tapi serius tenaganya abisin aja buat mengerjakan soal matdas dulu jangan ditambah tambah polemik kehidupan cinta nan fana :v.

Ya sekian aja deh tulisan ini, yang lolos PTN memang gak semuanya punya ciri ciri seperti di atas. Tapi untuk kamu yang masih bingung arah dan tujuan good habits ini sangat layak kamu coba. Semangat berjuang! :)

Kalau ada yang mau nambahin atau mengomentar dan butuh respon mention aja di tweet saya @hilmyadamjp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar